5 Persiapan Mudik Lebaran 2024





Assalammualaikum teman-teman!! Kembali lagi dengan wfanda—Fe—Wanda, ah apapun deh. Setelah iklan sirup marjan bertebaran, bentar lagi muncul iklan mudik yang biasanya ada sendu-sendunya nih. Masih ada nggak sih iklan-iklan itu? Maklum nih jarang nonton tv di rumah. 

Readers! Kalian kalau mudik di luar kota, luar pulau, luar negeri, atau malah mudik di daerah sendiri? Yang jauh-jauh nih biasanya mulai mudik seminggu sebelum lebaran kan? 

Pasti hebring nih kalau mudiknya jauh. Nyiapin tiket, prepare kendaraan, nyiapin stok baju, dan lain sebagainya. Adapun persiapan-persiapan yang harus kita lakukan sebelum berangkat mudik. Apa saja itu? 

5 Persiapan Mudik Lebaran 2024

1. Siap akomodasi

Pastinya kalau mau mudik, kita harus persiapkan akomodasi kita. Kalau yang naik bis, kereta, pesawat harus booking tiket jauh-jauh hari. Biasanya tiket akan available 1 bulan sebelum keberangkatan. Dulu aku, mantan war tiket kereta selalu was-was kalau gak dapat tiket kereta untuk balik ke rumah. Setiap tengah malam sebelum lebaran, tepatnya satu bulan sebelumnya aku pasti buru-buru pesan tiket kereta. Bagi yang mudiknya pakai kendaraan pribadi harus check dulu kendaraan kalian. Pastikan tidak ada problem sebelum dikendarai jarak jauh. Seperti check ban, aki, mesin, rem, bensin, dan lain sebagainya. 

2. Membawa keperluan yang dibutuhkan 

Pastikan barang bawaan kalian tidak berlebih. Cukup yang sangat dibutuhkan dan bawa sesuai jangka waktu mudik. Jangan bawa barang-barang yang gak penting. Selain menambah berat koper atau tas, barang-barang seperti itu rentan tertinggal. 

3. Bawa obat-obatan

Ini penting! Kita gak tahu kapan kita sakit, untuk jaga-jaga sebisanya bawa obat. Terlebih untuk kamu yang punya penyakit yang bisa kambuh sewaktu-waktu, pastikan dibawa ya. Kalau lebaran apotek hari h biasanya tutup. Untuk itu lebih baik sudah ada persediaan sebelum perjalanan mudik. Kalau bisa jaga kesehatan ya sebelum mudik. 

4. Buah tangan

Ini opsional sih sebenernya. Tapi alangkah baiknya kalau mengunjungi rumah nenek, orang tua, atau saudara membawa sedikit buah tangan. 

5. Lakukan double check rumah

Nggak kalah penting dengan check kendaraan, mengecheck keamanan rumah sebelum di tinggal mudik itu wajib. Pastikan rumah dalam keadaan aman sebelum ditinggal. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, lepaskan regulator lpg yang tidak digunakan, cabut sumber listrik yang tidak digunakan. Sisakan lampu teras rumah. Selain itu check kembali jendela rumah, apa sudah terkunci aman. Terakhir lakukan kunci ganda rumah menggunakan kunci tambahan seperti gembok. 

Itu dia 5 hal yang perlu diperhatikan saat mudik lebaran. Bagi kamu yang melakukan perjalanan mudik jauh, semoga selamat sampai tujuan. 

1 comment:

  1. hawa-hawa mudik sudah makin terasa ni mbak sayangnya tahun ini gak mudik lebaran hiks

    ReplyDelete

Powered by Blogger.