[Day-17] Menggali potensi dalam hobi

Bicara tentang hobi, aku termasuk orang yang memiliki banyak hobi. Tentunya di samping banyaknya hobi tersebut aku memiliki hobi utama, yaitu membaca dan menulis. Bisa dilihat juga kan, mengapa aku memiliki blog pribadi ini. Oh, iya! kalian pernah gak sih mencari-cari kegiatan baru yang siapa tau salah satu diantaranya bisa jadi hobi kalian? 
Nah, itulah yang aku lakukan akhir-akhir ini untuk menemukan hobi baru. Awalnya coba-coba melakukan ini, itu, dan pada akhirnya aku suka dan menjadikannya sebagai bagian dari hobiku. Lalu apa sih potensi yang bisa kita ambil dari sebuah hobi? Jawabannya BANYAK. Iya banyak banget. Yuk bahas satu persatu.

Potensi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Potensi diartikan sebagai suatu kemampuan yang mempunyai berbagai kemungkinan atau harapan untuk dikembangkan lebih lanjut, baik berupa kekuatan, daya, ataupun kesanggupan yang diperoleh masyarakat secara langsung ataupun melalui proses yang panjang. 

Potensi Menurut Hafi Anshari

Potensi menurutnya lekat dengan sifat terhadap bakat terpendam, atau mengenai kekuatan-kekuatan dalam bertindak di masa mendatang. Kekuatan ini dinilai penting lantaran dengan kekuatan yang baik setiap seseorang yang memiliki potensi akan bisa berjuang sekuat tenaganya.

Hobi Menurut Rast, Harmin, dan Simon (dalam Mulyati, 2004:46) menyatakan bahwa dalam minat itu terdapat hal-hal pokok diantaranya:

1. Adanya perasaan senang dalam diri yang memberikan perhatian pada objek tertentu
2. Adanya ketertarikan terhadap objek tertentu
3. Adanya aktivitas atas objek tertentu
4. Adanya kecenderungan berusaha lebih aktif 
5. Objek atau aktivitas tersebut dipandang fungsional dalam kehidupan 
6. Kecenderungan bersifat mengarahkan dan mempengaruhi tingkah laku individu

Jadi menurutku, menggali potensi dalam sebuah hobi itu tidak hanya sekedar mengembangkan yang sudah ada dalam diri, tapi mencari hal-hal yang bisa kita kerjakan dan menyanggupinya. Yang nantinya mendatangkan manfaat di masa mendatang. 

Dari aku sendiri, hobi membaca yang dari dulu aku suka, memberikan banyak sekali manfaat. Bahkan untuk hal prestasi pun bisa aku dapatkan. Selama aku di jenjang pendidikan, aku ikut berbagai perlombaan akademis dan itu hobi membaca inilah yang membantuku untuk mendapatkan prestasi yang aku dapatkan sebelumnya. Walaupun perlombaannya bukan skala besar, tapi aku puas ketika mendapatkan juara diantara perlombaan-perlombaan yang pernah aku ikuti sebelumnya. Selain itu, hobi membaca ini sangat-sangat membantuku dalam memori. Iya, aku jadi lebih mudah mempelajari hal baru dengan membaca. tentunya melatih otak agar tidak cepat lupa.

Selain membaca, aku juga punya hobi menulis. Udah satu paket lah ya kalau hobi membaca, pasti pasangannya menulis. Entah sejak kapan aku suka menulis, tapi menulis ini juga yang pernah membantuku untuk mendapatkan prestasi dalam sebuah perlombaan. Sudah jadi makanan sehari-hari lah ibaratnya. Aku masih ingat, dulu waktu masih di sekolah menengah pertama, salah satu tulisanku ada dalam majalah sekolah. Sepertinya itu pertama kalinya karyaku ada dalam sebuah majalah sekolah. 

Kalau membaca dan menulis adalah hobi utama, melukis, membuat kerajinan tangan, menonton, bersih-bersih, traveling, berkebun, dan masih banyak lagi hobi-hobi lainnya adalah hobiku yang lain. Masih banyak kegiatan-kegiatan yang ingin aku eksplor untuk dijadikan hobiku. Dari hobi-hobi inilah, aku menggali potensi yang tidak ada dalam diri. Dengan memunculkan apa yang bisa aku lakukan, membuktikan bahwa aku sanggup meningkatkan potensi yang berguna untuk seluruh aktivitasku.

Jangan ragu untuk mencoba hal-hal baru, siapa tau hobi kamu ada di antara kegiatan yang belum pernah kamu lakukan. Dan itu bisa menjadi potensi diri kamu untuk kehidupan masa depan loh. 

No comments:

Powered by Blogger.