Mengenal Zalabiya, Jajanan Khas Timur Tengah Saat Ramadan

March 15, 2024

Pernah dengar jajanan tradisional khas timur tengah gak kalian? Pasti yang sering dengar atau yang pernah mencicipi itu Kebab, Sambosa, Baklava, Roti Maryam, Hummus, atau Katayef bukan? Nah, kalau Zalabiya pernah denger belum? Atau ada yang sudah pernah coba? 

Zalabiya ini adalah makanan khas timur tengah atau terkenalnya di daerah arab sana di saat ramadan loh. Zalabiya atau Zalabiyeh atau Loukoumades (Greek) ini adalah jajanan tradisional yang terbuat dari tepung, susu, gula, pati jagung, baking soda, ragi, air, dan sirup atau madu sebagai siramannya.

Kalau dilihat dari bahan-bahannya pasti gak asing sama adonan donat bukan? Yup! Zalabiya ini mirip dengan donut kalau di Indonesia. Lebih miripnya lagi, kalau kalian tahu jajanan khas Jawa Barat Jalabia atau Jalabria atau Gemblong itu sebelas dua belas loh. Sama sama miripnya. 


Zalabiya sendiri bentuknya semacam roti goreng yang kecil-kecil, sedangkan Jalabia di Indonesia bentuknya seperti donat yang tengahnya bolong itu. Zalabiya biasanya disajikan dengan siraman sirup atau madu. Hampir mirip lah ya sama yang punya kita. Terkadang pakai taburan gula halus kan?

Zalabiya ini jajanan yang selalu ada di setiap ramadan. Sebenarnya Jalabiyanya kita itu memang asalnya dari negara timur tengah sana. Terus dikembangin sesuai lidah kita. Tapi buat kita jajanan ini gak terlalu eksis kalau di bulan ramadan. Yah, memang masih kalah eksis sama kolak deh hehehe. 

Kalau kalian mau coba bikin Zalabiya, bisa mampir-mampir ke internet cari resep yang sesuai terus recook deh. Cobain buat takjil ramadan bersama keluarga.

No comments:

Powered by Blogger.