[Day2] Tips Meningkatkan Kualitas Tidur




Adakah diantara kalian yang susah tidur cepat? Atau merasa kurang kualitas tidurnya? Udah coba ini itu tapi masih nggak berhasil? 

Kalian tahu nggak sih kualitas tidur itu mempengaruhi aktivitas sehari-hari? Yaa, kalau mempengaruhi kesehatan jelas berpengaruh. 

Ini entah memang hanya kebiasaan aku saja atau memang aku sudah menemukan cara yang tepat untuk meningkatkan kualitas tidurku, sejauh ini aku selalu merasa puas dengan jam tidurku. 

Mungkin beberapa tips dari aku yang akan aku bagikan ke kalian bisa kalian coba, siapa tahu di kalian bekerja. 

Tips Pertama 

Coba buat rata-rata aktivitas mu sehari-hari dalam waktu sebulan atau paling sedikitnya dalam waktu seminggu. Temukan beberapa aktivitas yang biasanya memakan banyak waktu lama. Setelah itu hapus atau persingkat aktivitas kalian guna mendapat waktu lebih untuk istirahat. 

Tips Kedua

Disini ada nggak sih yang punya kegiatan mewajibkan kalian harus beraktivitas diatas jam 6 sore? Misalkan bekerja contohnya. Kalau kalian punya aktivitas diatas jam 6 sore, aku sarankan untuk tidak minum minuman berkafein atau berkarbonasi. Cukup minum air putih saja yang banyak. Gunanya apa? Agar tubuh terdehidrasi. Dengan begitu saat kamu bangun tidur, tidak akan merasa lelah. 

Tips Ketiga

Coba matikan lampu ketika hendak tidur. Cahaya, tidak akan membuat otak kalian benar-benar istirahat. Terus bagaimana kalau nggak bisa tidur dengan lampu yang dimatikan? Kalian bisa pakai lampu tidur asal redup. Lalu jangan menggunakan ponsel kalian satu jam sebelum tidur. Ini pasti susah kan? Karena aku juga begitu. Nah biasanya, kalau aku ngga bisa lepas dari ponselku. Aku nggak akan menggunakannya untuk buka sosial media atau balas chat. Tapi aku gunakan untuk membaca novel atau komik atau menonton. Cara ini berguna di aku karena mirip dengan lullaby. Kalau aku, nggak butuh waktu lama, 5 hingga 10 menit pasti sudah ngantuk. 

Tips Keempat 

Ini tips terakhir dari aku. Coba tidur jam 9 atau jam 10 malam lalu bangun sekitar jam 5 hingga 5:30 pagi hari. Coba dalam waktu seminggu. Hindari begadang. 

Itu dia tips yang sudah aku lakukan bertahun-tahun dan berhasil diaku. Kalau dari tips aku ada yang berhasil di kalian, coba komen di kolom komentar ya.

No comments:

Powered by Blogger.