Tempat Wisata Religi di Indonesia

April 09, 2024



Berbicara tentang tempat wisata religi, aku punya tempat yang masih ada sejarahnya dengan keluargaku. Ya bisa dibilang secara gak langsung, tempat ini sudah jadi tempat yang memorable untuk keluarga besarku. 

Jadi perlu kalian ketahui, keluarga mamaku berasal dari Jombang, sedangkan orangtua dari kakek aku adalah keturunan orang Madura yang tinggal di jombang. Pada masanya, orangtua dari kakek aku sudah terkenal dan disegani pada jamannya. 

Hingga tutup usia, beliau dimakamkan di sebelah makam Sayyid Ismail. Nah, Sayyid Ismail ini sispa sih? Jadi Sayyid Ismail adalah salah satu wali yang makamnya berada di Desa Janti, Jombang. Menurut KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Sayyid Ismail adalah pengawal Putri Campa. Nah, beliau ini dulu sering mengunjungi makam Sayyid Ismail. 


Fun fact, orang tua dari kakek aku ini bernama Bani Ismail. Entah bagaimana dulunya beliau bisa dimakamkan dengan bersebelahan dengan wali tersebut aku juga tidak tahu. 

Menurutku, meskipun bukan tempat wisata religi, tempat tersebut sudah mirip dengan makam-makam wali pada umummnya. Masih banyak peziarah yang datang. Kalau aku sendiri memang belum pernah kesana, tapi cucu-cucu beliau yang suka berziarah saat ramadan. Aku sebagai cicit, masih suka kepo. Kenapa dan bagaimana makam kakek buyutku bisa ada di sana.  

Kalau kalian penasaran, kalian bisa datang langsung ke tempat.

No comments:

Powered by Blogger.