Apa itu Coachsurfing?

January 05, 2018

Picture by couchsurfing
 


Apa itu Couchsurfing? Couchsurfing itu sebuah platform komunitas yang digunakan para traveller untuk mempermudah penggunanya dalam melakukan perjalanan di seluruh dunia. Nah, platform ini biasanya digunakan para penggunanya untuk memperluas jaringan. Tidak hanya itu saja, kamu bisa menggunakannya untuk saling membantu dalam sharing tempat tinggal, melakukan perjalanan bersama, ataupun hanya sekedar hangout dengan orang baru. 

Mengapa harus Couchsurfing? Secara pribadi, Couchsurfing ini sangat membantu saya. Sudah hampir 4 tahun saya menggunakannya. Awalnya, pada waktu itu saya hendak pergi liburan ke Jogjakarta sendiri. Saya sempat berpikir untuk melakukan perjalanan liburan saya dengan seorang guide. Namun rasanya tidak nyaman jika melakukan itu seorang diri. Akhirnya saya coba mencari-cari informasi mengenai liburan seorang diri dan muncullah rekomendasi pertama yaitu menggunakan aplikasi Coachsurfing ini. Setelah saya mencobanya untuk pertama kali, banyak sekali orang-orang yang mempersilahkan saya untuk tinggal di rumah mereka. Namun, karna pertama kali saya menggunakannya, saya masih ragu dan akhirnya memutuskan untuk bertemu dengan warga lokal Jogjakarta untuk sharing-sharing.

Begitu sudah paham dan merasa aplikasi ini cukup aman akhirnya saya sering menggunakannya. Tidak hanya untuk perjalanan saja, tapi saya juga bisa membantu yang lain dengan memperkenalkan tempat tinggal saya. Sampai sekarangpun komunitas ini memberikan pengalaman yang luar biasa dan tentunya menambah silahturahmi dengan orang baru.

Tapi perlu diingat, tidak semua pengguna Coachsurfing itu baik, ada juga yang tidak baik. Bijaklah dalam menggunakan sosial media. Jadi, bagaimana agar kita tidak bertemu dengan orang yang salah?
  1. Profile
    Lihat apakah profile orang tersebut sudah terverifikasi. Tapi bukan berarti yang belum terverifikasi bukan orang baik. kalian bisa melihat keseluruhan profil mulai dari nama, foto, asal, hingga deskripsi orang tersebut.
  2. References
    Ini yang menjadi acuan. Jadi references ini adalah review orang-orang yang pernah berinteraksi dengan pengguna akun tersebut. Kalian bisa melihat apakah referencesnya bagus-bagus atau sebaliknya
  3. Messages
    Setelah yakin mulailah menghubungi orang tersebut atau membalas pesan dari orang yang menghubungimu untuk memastikan bahwa kalian tidak salah bertemu orang yang tidak baik.
Jadi itu sedikit informasi mengenai Coachsurfing, semoga readers dapat melakukan travelling dengan nyaman dan aman dan tentunya jangan lupa berdoa dimanapun kalian pergi.

No comments:

Powered by Blogger.